Beasiswa Bantuan UKT/SPP Sem. Genap Tahun 2021

Persyaratan untuk mendaftar Program Bantuan UKT/SPP Mahasiswa Semester Genap Tahun 2021 adalah sebagai berikut:


  1. Penerima Bantuan UKT/SPP Mahasiswa adalah Mahasiswa semester 4, 6, dan 8;
  2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  4. Dalam hal mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/ wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan Bantuan UKT/SPP asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000, (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
  5. Mahasiswa membuat surat pernyataan bahwa orang tua/wali/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi covid-19.
  6. Mahasiswa yang tidak sedang dibiayai oleh program beasiswa lainnya.
  7. Keputusan akhir penerima akan diambil oleh kebijakan perguruan tinggi masing-masing.


Fasilitas yang didapat:

  1. Hanya diberikan untuk pembayaran UKT/SPP satu semester yaitu semester ganap tahun akademik 2020/2021.
  2. Pembayaran UKT/SPP at cost dengan besaran maksimal sebesar Rp. 2.400.000,- (Dua Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) permahasiswa.


Tahapan Pendaftaran Bantuan UKT/SPP Mahasiswa

  1. Mahasiswa menyiapkan berkas yang diminta.
  2. Mahasiswa mengisi biodata dilink yang telah disiapkan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
  3. Mahasiswa mengupload berkas yang diminta dilink yang telah disiapkan.
  4. Panitia Seleksi yang terdiri dari Bidang Kemahasiswaaan dan Fakultas masing-masing akan menyeleksi penerima beasiswa.
  5. Mahasiswa yang lulus akan mendapatkan kartu bukti lulus di E-mail pendaftar masing-masing.
  6. Kartu bukti lulus disimpan sebagai bukti telah lulus tahap seleksi.
  7. Mahasiswa disetujui dan ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.


Tahapan Penerimaan Bantuan UKT/SPP Mahasiswa

  1. Kartu bukti lulus yang telah didapatkan saat mendaftar diprint dan ditandatangani.
  2. Bawa kartu bukti lulus ke bagian keuangan atau bagian kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
  3. Bagian keuangan atau bagian kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin akan memproses pencairan tersebut berupa pemotongan SPP atau pencairan dalam bentuk uang jika ada kendala dalam pemotongan SPP.
  4. Mahasiswa menerima slip dari bagian keuangan atau bagian kemahasiswaan sebagai bukti telah menerima.
  5. Mahasiswa menandatangani laporan pertanggung jawaban dibagian keuangan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.


Link Pendaftaran Beasiswa :

  • Bit.ly/formbeasiswasppsemestergenap


Informasi lebih lanjut

  • Pengelola Beasiswa Bidang Kemahasiswan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Contact Person    : Bapak Muhammad Saubari Azhar Noor. M.Kep.